Monday, May 9, 2016

9 Hal yang Harus Kamu Persiapkan untuk Bridal Shower Party Idamanmu


Menyusun sebuah pernikahan yang cantik di zaman sosial-media-minded seperti sekarang ini memang cenderung lebih mudah. Calon pengantin dengan mudah bisa langsung membuka akun instagram atau pinterest untuk mencari inspirasi tentang acara pernikahan yang diinginkan. Tidak jarang orang-orang banyak yang langsung copy-paste dari acara-acara orang lain yang pernah di post di sosial media sebelumnya.

Seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya, bahwa sebenarnya bridal shower itu tidak ada di dalam kultur pernikahan di Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia mengadopsinya dari kultur di Amerika. Sebenarnya, ini suatu hal yang sah-sah saja apabila kita ingin menyelenggarakan pesta seperti ini. Karena pada dasarnya acara ini dapat meningkatkan percaya diri sang mempelai wanita dan memberikan curahan kasih sayang yang begitu besar bagi calon mempelai ini. Bridal Shower biasanya dihadiri oleh teman-teman calon pengantin wanita yang akan menjadi bridesmaids atau maid-of-honor selama pesta pernikahan berlangsung.

Menyusun suatu pesta  seperti Bridal Shower tidaklah sulit. Apalagi jika pestanya semacam makan malam cantik dengan para bridesmaids seperti yang saya lakukan di acara pernikahan saya waktu itu. Namun beberapa orang banyak yang membuat acara Bridal Shower yang sangat mewah, dilengkapi dengan acara games berhadiah, atau bahkan acara bridal shower-nya dibuat beberapa kali. Ada Bridal Shower Part 1, Part 2, hingga part-part selanjutnya seperti drama korea saja, haha.
Semua itu tergantung pada si calon pengantin wanitanya. Acara seperti apa yang dia inginkan. Tentunya hal ini juga tergantung pada budget si pengantin, apakah acara ini mau diadakan secara besar-besaran di hotel berbintang, atau cukup acara simple dan sederhana di cafe saja.

Di sini saya ingin berbagi tips untuk para calon pengantin perempuan, apa saja sih yang harus dipersiapkan menjelang Bridal Shower...



1. Budgetting
Kamu gak pengen kan tiba-tiba budget pernikahanmu membengkak hanya karena pesta Bridal    Shower bersama teman-temanmu?
Saran saya, pembuatan anggaran atau budgetting ini memang sangat diperlukan bagi setiap calon pengantin yang akan membuat Bridal Shower Party menjelang pesta pernikahannya. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengestimasikan model party  seperti apa yang ingin kita buat, apakah tempatnya di hotel berbintang, cafe ataukah di halaman rumah saja, apakah perlu menyewa seorang party planner dan photographer atau tidak, apakah ingin mendekor dengan metode DIY alias mendekor sendiri, ataukah mau  menggunakan jasa dekorator untuk mendekorasi venue acara.
Semua itu bermuara di Budgetting.
Jadi, saya sangat tidak menyarankan kamu menghabiskan uang yang banyak hanya untuk Bridal Shower saja. Lebih baik, uangnya bisa dialokasikan ke pos yang lain seperti catering untuk pesta pernikahan atau justru untuk rencana honeymoon yang sudah diidam-idamkan :")

Source : Pinterest
2. Tamu yang diundang
Ini juga penting.
Hal yang seharusnya dilakukan secara paralel adalah antara budgetting dengan tamu yang diundang.
Saran saya, undanglah teman-teman terdekat kamu, yang akan dijadikan Bridemaids, Maid of Honor atau teman dekat lain yang ingin sengaja kamu undang. Jadikan pesta ini begitu intimate antara satu dengan yang lain.
Saya tidak menyarankan membuat pesta ini lebih dari satu kali, alias ada part 1, 2, dan seterusnya hanya karena alasan "yang ini Bridal Shower untuk teman kuliah, yang satunya untuk SMA, yang satunya untuk teman SD, dan seterusnya...". Menurut saya, alangkah baiknya jika Bridal Shower itu dilakukan cukup 1 kali saja dengan dihadiri oleh semua teman yang ingin kita undang.
Acara ini akan menjadi lebih hangat, karena teman-teman kita akan saling berkenalan satu sama lain, dan memperluas silaturahmi juga kan? hehe.
Sebagai contoh, di acara bridal shower saya terdiri dari 3 orang teman SMA, 4 orang teman kuliah dan 3 orang teman komunitas. Jujur saya senang sekali melihat teman-teman saya saling berkenalan, yang notabene mereka dari berbeda-beda asal. Dari Semarang, Jakarta, Surabaya hingga Taipei. So, jangan ragu acaramu jadi garing ya, hanya karena temanmu banyak dari tempat yang berbeda-beda dan khawatir tidak berada di frekuensi yang sama, hehe.


3. Tempat
Pemilihan tempat harus disesuaikan dengan budgetting kamu yah. Belakangan ini banyak sekali cafe-cafe yang instagram-able alias sangat cantik-cantik untuk di foto. Kamu bisa mengadakan acara di cafe-cafe cantik seperti itu, namun saya sangat menyarankan untuk menyewa tempat khusus di cafe tersebut. Jangan sampai, acara bridal shower mu itu tergabung dengan tamu-tamu cafe lainnya. Saran saya sih paling enak kalau acara Bridal Shower diadakan di resto hotel yang cenderung lebih private atau bahkan bisa di halaman rumah saja. Jika kamu memang menghendaki mengadakannya di cafe-cafe yang lucu, kamu harus memesan tempat yang private agar acaramu lebih intimate dengan teman-temanmu.

Salah satu venue di Trimurti Resto, Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya.


Kalau kamu suka dengan konsep alam, acara bridal shower mu ini bisa diadakan di sebuah taman yang indah. Di mana Bridal Shower mu ini bisa bertema Picnic with the Girls atau mungkin kamu bisa sekaligus release balon di acara ini. Saya sarankan jika kamu mau membuat bridal shower semacam ini mungkin kamu bisa melakukannya bukan di musim hujan dan di sore hari saat matahari sudah tidak terlalu terik.

Source : Pinterest

4. Foods and Beverages
Makanan dan minuman yang disiapkan untuk acara Bridal Shower harus disesuaikan dengan budget dan timing kapan acaramu diadakan. Kalau memang acaranya untuk dinner, maka kamu perlu memilih tempat yang menyediakan makanan berat dan ringan. Kalau acaranya siang, maka perlu dipikirkan untuk makan makanan berat. Namun kalau acaramu sore, kamu bisa memilih menu dessert seperti es krim, cupcakes, jus, puding atau makanan pencuci mulut lainnya.



Source : Pinterest

Menu makanan bisa disajikan secara buffet atau a la carte. Namun saya lebih menyarankan menunya dalam bentuk  a la carte karena biasanya tamu yang diundang dalam acara ini tidak terlalu banyak.

Source : Pinterest


5. Theme and Mood Colors
Pastikan Bridal Shower mu memiliki tema dan warna yang unik. Ada banyak referensi yang dapat kamu ambil dari Pinterest, sesuai dengan warna dan tema favoritmu. Pemilihan warna dan tema harus sesuai dengan kepribadianmu ya. Jangan sampai kamu memilih warna dan tema hanya karena ikut-ikutan tren masa kini.
Untuk kamu yang berkepribadian kalem, lemah lembut mungkin tema shabby chic dan dominasi warna-warna pastel akan cocok untukmu.
Untuk kamu yang berani, menyukai tantangan dan suka menjadi perhatian banyak orang, dominasi warna cerah seperti kuning, oranye maupun biru cocok untukmu.
Untuk kalian yang berkepribadian simpel, pilihan tema monochrome dan dominasi warna hitam putih menjadi pilihan yang cocok untuk kamu.
Selebihnya, sesuaikan dengan kepribadian kamu ya, dan jangan ragu untuk memilih tema !

Mood Color : Pink & White ; Source : Pinterest.

Rustic Theme ; Source : Pinterest

Shabby Chic Theme ; Source : Pinterest

6. Table Decoration
Setelah menentukan tema dan warna untuk acaramu, jangan lupa untuk mendekor venue agar semakin menarik dan menyenangkan untuk semua tamu undanganmu.  Dekorasi meja yang unik akan membuat tamu kamu betah berlama-lama di acaramu dan membuat mereka merasa spesial karna telah diundang untuk makan cantik bersama calon pengantin perempuan.

Saran saya, jangan gunakan table decoration yang berlebihan. Selain karena meja kamu akan terasa sumpek, tamu undangan juga akan kebingungan dalam meletakkan makanan dan minuman mereka. Beberapa dekorator belakangan ini yang saya amati di instagram maupun pernah saya datangi wedding salah seorang kerabat saya, mereka mendekor meja terlalu berlebihan hingga tamu tidak bisa meletakkan piring dan gelas mereka, dan tentunya hal ini membuat para tamu menjadi tidak nyaman.
Gunakan dekorasi seperlunya dan jangan berlebihan.
Source : Pinterest
7. Dress Code
Kamu pasti ingin foto-foto acaramu terlihat cantik kan? Kamu bisa merencanakan dress-code dengan para tamu undanganmu. Pilihlah dress code yang tidak menyulitkan bagi tamu yang ingin diundang. Ingat, perhatikan tamunya yah. Jangan sampai kamu mengundang orang-orang tua dan kamu menyuruh mereka untuk memakai dresscode stripe hitam putih atau warna-warna yang menyulitkan alias tidak semua orang suka seperti turqoise, fuchsia atau coral.
Pernah saya menghadiri undangan dari salah seorang kerabat, yang menghendaki suatu dress code tertentu. Jika tamunya seluruhnya adalah anak muda, maka itu akan menjadi hal yang sangat mudah. Namun mereka tidak mempertimbangkan bahwa tamu undangan mereka hampir 50% adalah orang tua. Sehingga hal tersebut akan menyulitkan para tamu.
Jangan sampai keindahan acaramu menjadi bahan omongan-yang-gak-enak di orangsekitar ya..

Untuk dresscode Bridal Shower, sekali lagi, perhatikan tamu undanganmu. Jangan menyulitkan mereka, dan jangan lupa untuk memadupadankan dengan dekorasi yang telah kamu rencanakan. Jangan sampai kamu memilih tema shabby chic dengan warna pastel, namun kamu meminta teman-temanmu untuk memakai dresscode dress berwarna hitam. Aduh, nggak matching ya sis!

8. Photographer

Kadang ini hal yang suka dilupakan. Kadang kita meminta tolong ke mas-mba waiters di cafe atau hotel tempat acara kita. Dan terkadang, poto yang dihasilkan bisa jadi nge-blur, pecah atau tidak simetris. Saran saya, kamu tidak perlu repot-repot sewa fotografer yang mahal, cukup minta bantuan ke teman atau adik yang hobi fotografi. Ini akan memudahkan seluruh pendokumentasian acara sebagai kenang-kenangan untukmu dan para tamu undangan.

9. Party Planner

Poin yang terakhir ini sepertinya bukan poin yang penting. Namun jika kamu sedang bekerja, tidak sempat menyusun acara, menghubungi venue, dekorator atau vendor lainnya, saya sarankan pakailah party planner. Apalagi jika kamu bekerja di luar kota dan kamu baru datang di H-2 acaramu. Party Planner akan membantu kamu dalam mengurus semua acaramu dan mengurangi beban kamu yang mungkin sudah terlalu berat menjelang acara pernikahanmu.

Ingat ya, Bridal Shower bukan acara yang utama. Acara terpenting adalah hari pernikahanmu. So, bijaklah dalam mengatur prioritas dan hematlah energimu karena nanti di D-Day, energimu akan terkuras cukup banyak. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu yang akan merencanakan mini party ini bersama teman-temanmu.

Selamat merencanakan Bridal Shower-mu !

No comments :

Post a Comment