Monday, July 25, 2016

Hal yang perlu Kamu siapkan dalam menyiapkan Seserahan Pernikahan


Dalam to do list acara wedding kamu; jangan sampai melupakan seserahan ya! Bagi kamu yang punya hobi berbelanja, aktivitas mempersiapkan seserahan bisa jadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Seserahan pada umumnya diberikan dari keluarga laki-laki kepada keluarga perempuan. Filosofinya dalam budaya Jawa, menunjukkan bahwa si calon pengantin laki-laki dinilai mampu untuk menafkahi sang calon istri. Seserahan ini dinilai bukan dari harganya, melainkan dari kesungguhan sang calon pengantin laki-laki untuk menikahi calon pengantin perempuan.

Dalam filosofi budaya Jawa, ada 3 hal yang harus dipenuhi dalam paket seserahan yang diberikan, yaitu:
Spiritual (Seperangkat alat sholat)
Sandang (Pakaian)
Pangan (Aneka kue atau buah-buahan)

Dalam acara pernikahan saya kemarin, kami melakukan seserahan untuk kedua calon. Jadi tidak hanya calon pengantin perempuan yang diberikan hadiah "sapengadeg" (busana lengkap luar dan dalam dari kepala hingga kaki), melainkan calon pengantin laki-laki juga diberikan seserahan sebagai balasan dari pengantin perempuan. Tetapi seserahan untuk pengantin laki-laki tidak selengkap seserahan untuk pengantin perempuan.

Pemberian seserahan dapat diberikan pada saat lamaran, atau pada saat menjelang akad nikah. Bagi yang menganut adat Jawa, mereka biasanya melakukannya di malam midodareni (malam menjelang akad nikah). Namun pada saat acara kami kemarin, acara pemberian seserahan kami lakukan menjelang akad nikah dilaksanakan.


Apa saja sebenarnya isi dari seserahan? Saya menulisnya dalam blog ini karena beberapa kali sempat ditanyai oleh teman-teman saya mengenai apa saja isi dari seserahan. Untuk itu, saya menulisnya di sini agar memudahkan siapapun yang ingin sedang menyiapkan pernikahan.

Mahar Pernikahan:
Hal yang paling penting dalam pernikahan di Islam selain niat dan kata-kata saat Ijab Qabul adalah Mahar. Baiknya, untuk para laki-laki muda sudah bisa mulai menyicil menabung untuk membeli mahar. Kebanyakan calon pengantin muslim akan meminta seperangkat alat sholat sebagai maharnya. Bahkan beberapa orang ada yang meminta Al-Qur'an atau hafalan Al-Qur'an dari calon suaminya. Dari segi materi, bisa dilengkapi dengan  uang ataupun dinar.



Cincin Pernikahan
Untuk para calon pengantin yang kreatif, biasanya akan membuat cincin pernikahannya terlihat seunik mungkin. Tapi untuk pasangan seperti saya dan Mas Aditya yang inginnya simpel dan cepat, jadi kita langsung saja membuat cincin di Toko Perhiasan, hehe. Oya, saya mengingatkan untuk kalian para calon pengantin laki-laki, jangan pakai cincin dari emas ataupun emas putih ya. Karena memang diharamkan oleh Islam. Untuk laki-laki bisa memilih bahan dasar silver/perak, palladium atau platinum.

Kamu bisa membuat tampilan cincin pernikahan kamu menjadi lebih unik, dengan menyiapkan tempat cincin yang unik dan kreatif. Saya khusus memesan beberapa bulan sebelumnya untuk membuat ring-nest ini. Cukup lama saya mencari vendor yang bisa membuatkan jenis semacam ini. Saya sengaja menambahkan Lego untuk membuatnya terlihat lebih unik.


Untuk Calon Pengantin Perempuan:
Sebenarnya, yang perlu dirundingkan terlebih dahulu dengan calon pengantin perempuan adalah mengenai barang-barang "yang benar-benar dia butuhkan". Usahakan kedua calon mempelai berbelanja perlengkapan seserahan bersama-sama. Hal ini agar semua barang di seserahan itu merupakan barang yang sesuai dengan diri masing-masing calon.

Jangan sampai memberikan barang yang mereka tidak butuhkan. Bahkan saya sempat mendengar ada pengantin pria yang memasukkan ipod dan headset ke dalam perangkat seserahannya, karena sang calon pengantin perempuan memang sedang sangat membutuhkannya.
Jangan minta mobil ya, untuk seserahan kamu, hehehehe.

1. Perhiasan
Biasanya, sang ibu mertua (ibu dari calon pengantin laki-laki) yang suka memberikan perhiasan kepada sang calon pengantin perempuan. Perhiasan yang diberikan biasanya, gelang, anting dan kalung. Tidak memberikan cincin lagi, karena sudah termasuk cincin pernikahan di dalamnya.

2. Pakaian Kerja/Casual
Suami Saya lebih memilih membelikan pakaian kerja dibanding pakaian casual. Dengan alasan, bisa lebih semangat untuk bekerja, hehe. Pilihlah pakaian yang everlasting agar menjadi pakaian yang Kamu ingat selalu.

3. Tas dan Sepatu Kerja /Casual
Untuk tas dan sepatu, pilihlah sepatu dan tas yang elegan, dan yang jelas tas dan sepatu yang bear-benar Kamu inginkan dan butuhkan. Kalau memang Kamu sedang menginginkan dan membutuhkan tas ransel atau sepatu running, mungkin Kamu bisa merayu sang calon suami untuk membelikannya, hahaha.

4. Pakaian adat/nasional
Saya pikir awalnya pakaian nasional ini tidak begitu penting, karena sudah ada pakaian kerja/casual. Namun Mama saya menyarankan untuk pakaian adat/nasional (yang berupa Kebaya Encim) masuk ke dalam list seserahan. Karena memang pakaian ini cukup dibutuhkan untuk para perempuan, terutama jika ada acara resmi.

5. Tas dan Sepatu Pesta
Saya sarankan untuk memilih jenis tas dan sepatu pesta yang belum Kamu punya yaa. Baik dari warna maupun model.

6. Perlengkapan Mandi
Untuk perlengkapan mandi bisa berupa handuk, baju handuk, handuk untuk travelling, body scrub, lotion, body butter, sabun maupun sampo. Pilihlah semuanya dengan aroma yang menenangkan dan beraroma lembut. Perlengkapan ini bisa Kamu bawa ketika honeymoon, jadi pastikan kalian memilih aroma yang sama-sama kalian sukai yaa. Agar suasana romantis ketika honeymoon tetap terasa dengan aroma perlengkapan mandi ini, hehehe.

7. Pakaian dalam
Untuk pakaian dalam, mungkin bisa berupa dua pasang atau 3 pasang sudah cukup. Oya, usahakan bicarakan dengan vendor yang menghias seserahanmu, untuk bisa membuat perlengkapan pakaian dalam ini tidak terlalu mencolok. Kamu pasti nggak mau kan, orang-orang jadi tau warna dan pakaian dalammu seperti apa, hehehe. Jangan sampai failed ya, dalam menghias bagian ini. Karena begitu ho-ror-able, hahaha.

8. Peralatan Rias atau Makeup
Ini adalah bagian favorit saya! Yaampun, saya merasa bahagia banget deh kalo disuruh belanja alat make-up haha. Pada waktu menjelang pernikahan saya, saya lagi tergila-gila dengan salah satu merk make-up, jadilah hampir semua produknya memakai merk tersebut. Menyenangkan sekali memilih mulai dari foundation, bedak, lipstick, eyeshadow, contour, shading, eyebrow mascara, mascara, eye liner, eyebrow pencil, dan lain-lain.

9. Kue-Kue
Pastikan kue-kue yang ada di dalam seserahan kita adalah kue-kue yang awet dan tahan lama. Kami lebih memilih kue kering, karena masih dapat dikonsumsi dalam waktu yang lama. Berdasarkan budaya Jawa, bisa jadi diberikan jenis kue yang lengket-lengket untuk melengketkan hubungan kedua mempelai. Bisa berupa jenang, wajik, ketan dan lainnya. Keluarga suami saya memberikannya pada saat acara lamaran. Pada saat seserahan menjelang akad nikah, makanan yang dibawa hanyalah makanan yang awet dan tahan lama saja.
10. Buah-buahan
Saya sarankan tidak membawa buah-buahan terlalu banyak. Selain karena cepat busuk, buah-buahan yang banyak akan sangat beraaatt, hehe (kasihan sang pembawa seserahan, hehe).

Nah, bagaimana seserahan untuk calon pengantin laki-laki? Dalam Budaya Jawa sering disebut dengan sebutan "angsul". Nantikan di postingan saya selanjutnya yaahh.. Selamat membuat list seserahan yang sesuai dengan kebutuhan Kamu yah, semangat!


1 comment :

  1. halo mbaak, aku mau tanya ini hias seserahannya dimana?

    ReplyDelete