Monday, July 25, 2016

Angsul-Angsul (Option Choice dalam Prosesi Pernikahan)


Beberapa teman tidak sabar untuk menanti postingan saya selanjutnya, yang sudah saya janjikan di postingan Seserahan Pernikahan sebelumnya. Postingan kali ini adalah membahas tentang Angsul-Angsul. Angsul-angsul adalah barang-barang "sepengadeg" (perlengkapan dari ujung kepala hingga ujung kaki) yang diberikan dari calon pengantin perempuan untuk calon pengantin laki-laki.

Angsul-angsul memang tidak diwajibkan, seperti halnya seserahan untuk calon pengantin perempuan. Angsul-angsul bisa dibilang bersifat opsional. Memang perlengkapan untuk laki-laki bisa dibilang tidak sebanyak untuk perempuan. Jadi, angsul-angsul ini bersifat lebih simpel sesuai kebutuhan sehari-hari calon pengantin laki-laki.

Pada saat menyusun list, Mas Aditya hanya meminta barang-barang yang memang sedang sangat ia butuhkan. Dan ia juga minta untuk tidak dibuat dalam bentuk paket yang terlalu banyak. Jadi kami hanya menyiapkan kurang lebih 5 paket untuk angsul-angsul dan kurang lebih 9 paket untuk seserahan belum termasuk mahar dan cincin pernikahan.

Apa saja ya, yang termasuk ke dalam angsul-angsul?
Sejatinya kami hanya menebak-nebak saja, hehe. Karena dulu kami tidak sempat untuk browsing-browsing apa sebaiknya isi dari angsul-angsul tersebut. Begini kira-kira angsul-angsul versi saya dan Mas Aditya...

1. Pakaian, Tas dan Sepatu Casual
Sebenarnya ini tergantung sekali pada apa pekerjaan calon suami kamu. Berhubung Mas Aditya adalah seorang entrepreneur dalam bidang IT, yang notabene nggak suka kerja dalam busana formal, jadilah saya pilihkan kemeja santai (tapi tetap lengan panjang, karena biar sopan kalau ketemu klien, meskipun ujung-ujungnya bakal dilinting haha), sepatu Wakai favorit dia (yang selalu kemana-mana dipake) dan tas selempang (harus cukup macbook ukuran 11 inch, haha).


2. Jam Tangan
Nah, salah satu barang favorit dari Mas Aditya adalah Jam Tangan. Sebenarnya dia juga suka sekali mengoleksi kaset PS4. Tapi berhubung saya sebel banget kalo dia sudah mulai nyuekin saya waktu main PS, jadi nggak  saya kasih. Hehehe.
Ada baiknya dalam satu paket angsul-angsul ini, kamu bisa memberikan barang favorit atau barang yang dikoleksi calon suamimu. Tapi kalau misal calon suamimu suka ngoleksi mobil balap, kamu nggak perlu ngasih dia mobil balap yah, hehe. (gimana bawanya :")) 

3. Kaos kaki dan sabuk
Ini juga barang standar laki-laki ya. Kalau bisa pilhkan sabuk yang bagus sekalian (agak mahal dikit nggak papa sis). Usahakan sabuknya bisa awet dipakai, dan menjadi barang yang everlasting. Jadi  suamimu nanti bisa selalu ingat dengan istrinya, hehhe. Untuk kaos kaki, standar aja sih, belikan kaos kaki hitam (untuk formal) dan kaos kaki sport kalau calon suamimu suka berolahraga.

4. Perlengkapan Mandi
Seperti pada seserahan, perlengkapan mandi ini bisa berupa handuk, sampo, sabun, deodorant dan parfum untuk cowok. Pastikan aromanya yang kamu juga suka yah. Karena kamu pasti nggak mau kan, merasa nggak nyaman kalau dekat-dekat suami kamu nanti, hehhe.



5. Pakaian Dalam 
Pasti kamu sudah membayangkan betapa awkward-nya belanja pakaian dalam untuk calon suamimu, hehe. Tenang, kamu bisa nggak ikutan kok. Kamu bisa menunggunya langsung di kasir, atau duduk beli es krim selagi dia berbelanja pakaian dalamnya, hehehe. Tapi ingat yah, harus mulai diapalkan model, tipe dan ukuran pakaian dalam suamimu yaa. Karena nanti ketika sudah menjadi istrinya, otomatis kamu yang harus belanja, loh, hihihi. Semangat ! 
Packing untuk pakaian dalam laki-laki tidak serumit packing untuk pakaian dalam perempuan. Karena pakaian dalam laki-laki pasti berada di kotak. Jadi untuk packing-nya gak perlu harus memutar otak seperti bagaimana kamu menyembunyikan seserahan untuk pakaian dalam perempuan, hehe.
Oya, jangan lupa belikan juga kaos dalam (baik yang berupa singlet atau kaos polos biasa yang biasa dipakai untuk dalaman jika memakai kemeja).

6. Kue-kue
Untuk part makanan, rasa-rasanya hampir sama dengans seserahan untuk pihak perempuan. Pastikan kuenya adalah kue kering yang awet dan tahan lama yah.

7. Buah-buahan
Untuk buah-buahan, pastikan buahnya tidak usah terlalu banyak, karena buah bisa cepat busuk dan sangat berat jika jumlahnya banyak (kasihan yang bawa yah, sis) hehehe.

Oya, kamu juga bisa melengkapi paket angsul-angsul kamu dengan perlengkapan ibadah seperti baju koko, sarung, peci dan sajadah atau barang lainnya yang memang dibutuhkan oleh calon suami kamu. 

Dalam mempersiapkan seserahan ataupun angsul-angsul, jangan lupa yaa persiapkan untuk hiasan pada paket seserahan dan angsul-angsul kamu. Kamu bisa menghiasnya sendiri (DIY : Do it Yourself) atau kamu juga bisa menggunakan jasa vendor. Nantikan postingan saya selanjutnya tentang tips bagaimana membuat paket seserahan dan angsul-angsulmu jadi cantik yaaa.

No comments :

Post a Comment